Sejarah Singkat

Terbentuk pada tahun 2001 berdasarkan Peraturan Daerah Kota Batam Nomor 7 Tahun 2001 tentang Pembentukan organisasi dan tata kerja badan dan kantor, berdirilah Kantor Arsip dan Perpustakaan Umum Kota Batam. Berlokasi di Gedung Pemerintah Kota Batam di Batam center, keberadaannya sebagai Kantor baru masih belum dikenal luas oleh masyarakat Batam.

 

Perubahan Susunan Organisasi dan Tata Laksana (SOTK) di lingkungan Pemerintah Kota Batam yang diatur pada Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2014, Kantor Perpustakaan Umum dan Arsip mengalami perubahan. Kemudian terjadi kembali perubahan berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 10 Tahun 2016, kedudukan Kantor berubah menjadi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Batam tipe B. 

Semakin berkembangnya kemajuan dan kebutuhan terhadap kearsipan dan perpustakaan di daerah, pada akhir tahun 2021 Pemerintah Kota Batam mengesahkan Peraturan Daerah Nomo 10 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perpustkaan. Hal ini tentu saja membawa perubahan cukup mendasar pada pola kearsipan dan penyelengaraan perpustakaan daerah Kota Batam.

Sejak diresmikan pada tahun 2001 hingga sekarang Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Batam baru dijabat oleh 2 Kepala, yaitu :
1. Drs. Aunar Karimsu (2001 – 2018);
2. Drs. Samuddin (2019 – sekarang);