Bimtek Teknis Implementasi Aplikasi Srikandi di Lingkungan Pemerintah Kota Batam

Batam – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Batam mengadakan Bimtek Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (SRIKANDI) Tahun 2022 di lingkungan Pemerintah Kota Batam bertempat di Ruang Orchid Swiss-Belhotel Harbour Bay, Selasa (29/11/2022).

Acara tersebut dihadiri dan dibuka langsung oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Batam, Drs. Samudin didampingi narasumber dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Hafid Furqoni, SS, serta peserta Bimtek dari perwakilan masing – masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota Batam.

Kepala Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kota Batam, Drs. Samudin dalam sambutannya menyampaikan pada dasarnya Aplikasi Srikandi merupakan integritas antara Pengelolaan Arsip Dinamis secara Instansional berbasis digital melalui Aplikasi SIKD dan secara nasional pada kementrian lembaga dan Pemerintahan Daerah.

Drs. Samudin menyebutkan ada beberapa manfaat bagi OPD yang mampu mengimplementasikan aplikasi tersebut dengan baik, diantaranya memudahkan komunikasi dan koordinasi antar instansi dan pemerintah. Serta memudahkan akses informasi kearsipan yang diperlukan oleh publik. Selain itu, diharapkan kinerja aparatur meningkat dan lebih optimal dalam mencapai target organisasi serta mendukung upaya penghematan kertas.

Adapun, lanjutnya Kunci keberhasilan penerapan Srikandi terletak pada peran serta dan kolaborasi yang kuat dari seluruh stakeholder di lingkungan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang bersangkutan. Sehingga pada akhirnya aplikasi ini dapat memberikan manfaat dan dapat terintegrasi dengan baik untuk pelayanan kearsipan, baik internal maupun eksternal.

Untuk itu, kegiatan Bimtek ini ditargetkan dapat meningkatkan kesadaran dalam tertib arsip diera digitalisasi dengan bertransformasi dari arsip konvensional menjadi arsip elektronik. Melalui kearsipan berbasis digital dapat terekam dengan baik semua peristiwa  sehingga, nantinya akan menjadi akuntabilitas dan memori kolektif bangsa dalam sistem pemerintahan berbasis elektronik. Kedepan berharap dengan dilaksanakannya Bimbingan Teknis Aplikasi Srikandi ini,  kesiapan  dalam penerapan aplikasi SRIKANDI di Kota Batam dapat segera terwujud.