Mengenalkan Perpustakaan kepada siswa SDN 004 Batu Ampar

Kunjungan siswa kelas 2 SDN 004 Batu Ampar

Inisiatif SDN 004 Batu Ampar guna memperkenalkan buku sebagai salah satu sumber ilmu kepada siswa didiknya dengan mengenalkan Perpustakaan mempunyai manfaat yang luar biasa. Kunjungan bertahap dengan membawa siswa sesuai dengan tingkat kelas dimana pada hari Rabu, 07 September 2022 sebanyak 140 siswa yang duduk di kelas 6 mampu merubah atmospir Perpustakaan Daerah Kota Batam. Hal serupa juga terjadi pada minggu sebelumnya ketika sebanyak 184 siswa kelas 2 berkunjung, serta 154 siswa kelas 1 pada kunjungan perdana.

Kegiatan pengenal perpustakaan yang dilakukan oleh SDN 004 Batu Ampar mendapat apresiasi dari Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Batam, Drs.Samudin ketika menemui siswa-siswi yang berkunjung dengan memberikan pengetahuan tentang apa yang bisa mereka temukan dan lalukan ketika mengunjungi perpustakaan. Para pustakawan juga menyuguhkan aktivitas bercerita dan penyampaian informasi seputar pengetahuan mengenai perpustakaan.

Kunjungan ke Perpustakaan sebagai bentuk pengenalan ini akan dilakukan untuk tiap angkatan kelas untuk kemudian dilanjutkan sebagai agenda berkelanjutan mengunjungi perpustakaan sebagai bagian dari literasi. Hal ini selaras dengan penerapan Profil Pelajar Pancasila yang mengemukakan literasi dasar bagi pelajar. Diharapkan kegiatan serupa dapat ditiru oleh institusi Pendidikan lainnya guna meningkatkan minat baca, literasi serta pengetahuan bagi para peserta didik.