Kunjungan Pembinaan ke Perpustakaan MAN Batam

Kepala Dispusip Kota Batam, Drs. Samudin menyapa siswa MAN Batam

Perpustakaan sekolah berperan sebagai penyedia informasi yang berusaha untuk memenuhi kebutuhan informasi pemustaka melalui koleksi yang dilayankannya. Berdasarkan Peraturan Kepala Perpustakaan Nasional nomor 12 tahun 2017 tentang Standar Nasional Perpustakaan SMA/MA, bahwa perpustakaan sekolah berada pada satuan pendidikan formal di lingkungan pendidikan sekolah menengah atas/madrasah aliyah yang merupakan bagian integral dari kegiatan sekolah yang bersangkutan, dan merupakan salah satu pusat sumber belajar untuk mendukung tercapainya tujuan pendidikan sekolah yang bersangkutan.

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kota Batam sebagai perpustakaan pembina selalu melakukan upaya pembinaan kepada setiap perpustakaan yang ada di wilayahnya. Menurut Perda Kota Batam nomor 10 tahun 2021 tentang penyelenggaraan perpustakaan, perpustakaan pembina adalah perpustakaan yang melaksanakan fungsi pembinaan teknis kepada seluruh jenis perpustakaan di daerah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Kepala Dispusip Kota Batam, Drs. Samudin mengunjungi Perpustakaan MAN Batam dalam rangka tindak lanjut pembinaan perpustakaan sekolah. Perlu diketahui bahwa Perpustakaan MAN Batam pada tahun 2021 berhasil meraih Juara I Lomba Perpustakaan Sekolah tingkat Provinsi Kepulauan Riau. Prestasi tersebut membawa Perpustakaan MAN Batam sebagai perwakilan provinsi ke tingkat nasional. Lomba Perpustakaan Sekolah tersebut diselenggarakan oleh Perpustakaan Nasional RI.

Drs. Samudin diajak oleh Kepala Sekolah MAN Batam berkeliling melihat pojok baca di setiap kelas dan pojok literasi yang baru saja diresmikan. Tak lupa ia menyapa para siswa dan menyampaikan pesan bahwa pada tahun 2045 nanti, Indonesia akan menuju Indonesia Emas. Oleh karena itu, para siswa harus mampu bersaing dengan meningkatkan literasi membaca sejak sekarang.

Saya selaku Kepala Dinas akan selalu mendukung MAN Batam dalam meningkatkan layanannya. Sebelumnya juga kita sudah memberikan beberapa eksemplar buku untuk MAN Batam, nantinya buku-buku ini akan kami rolling kembali untuk penyegaran koleksi buku di MAN  Batam”, sambungnya.