Kunjungan Pembinaan dan Monitoring ke Perpustakaan SMP

Kunjungan Kepala Dinas dan Rombongan ke Perpustakaan SMP Maitreya dan SMPN 6 Batam

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kota Batam pada Senin, 7 November 2022 bersama Drs. Samudin selaku Kepala Dispusip didampingi rombongan melaksanakan  kunjungan dan monitoring ke Perpustakaan SMP Maitreyawira dan SMPN 6 Batam sebagai tindak lanjut monitoring rutin perpustakaan yang ada di Kota Batam. Kunjungan diawali ke perpustakaan SMP Maitreyawira pada pukul 10.00 WIB dan dilanjutkan ke Perpustakaan SMPN 6 Batam.

Kedatangan Tim Dispusip diterima secara langsung oleh Kepala Perpustakaan SMP Maitreyawira Ibu Nenci beserta pengelola perpustakaan. Dalam sambutannya, Kepala Perpustakaan SMP Maitreyawira menyampaikan bahwa perpustakaan Maitreyawira dalam pengelolaannya sudah sistem otomasi aplikasi perpustakaan. Akan tetapi dalam aplikasi tersebut belum terintegrasi semua perangkat, seperti pencetakan kartu anggota perpustakaan dan daftar kunjungan siswa ke perpustakaan.

Kemudian Tim Dispusip memberikan pendampingan dalam pengelolaan perpustakaan salah satunya menyarankan penggunakan aplikasi Inlislite dari Perpustakaan Nasional RI. Aplikasi tersebut pengelolaan sudah terintegrasi menjadi satu, sehingga memudahkan dalam kegiatan perpustakaan.

Di sela-sela kunjungan perpustakaan, Drs. Samudin menyempatkan mengelilingi ruang perpustakaan dan berdiskusi serta memberikan motivasi kepada siswa tentang pentingnya gemar membaca dan berani bermimpi untuk merah cita-cita yang tinggi.

Setelah menitoring dan diskusi yang cukup panjang, Kepala Dispusip Kota Batam dan rombongan melanjutkan pembinaan ke Perpustakaan SMPN 6 Batam. Setiba di lokasi, rombongan disambut hangat oleh Kepala Sekolah, Kepala Perpustakaan dan pengelola Perpustakaan SMPN 6 Batam.

Dalam kunjungan kali ini, banyak sesi diskusi baik dari Kepala Dispusip maupun Kepala Sekolah dan pengelola Perpustakaan tentang pengelolaan perpustakaan SMPN 6 Batam. Banyaknya pengadaan buku paket  baru yang di perpustakaan menyebabkan tertundanya pengelolaan perpustakaan.

Drs. Samudin memberikan masukan terhadap Perpustakan SMPN 6 Batam untuk melakukan kerjasama dalam hal pembinaan perpustakaan dan pengoperasian aplikasi Inlislite dalam pengelolaan perpustakaan, sehingga kegiatan pengelolaan perpustakaan dapat berjalan dengan baik. Kunjungan dan monitoring ini dilaksanakan sebagai upaya pembinaan secara rutin dan evaluasi terhadap perpustakaan yang ada di Batam. Sehingga dapat meningkatkan literasi baca di Kota Batam