Kunjungan Pembinaan dan Kerjasama ke Perpustakaan PAUD

Kunjungan pembinaan dan tindak lanjut kerjasama ke Perpustakaan TK Nabilah

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kota Batam sebagai perpustakaan pembina selalu melakukan upaya pembinaan kepada setiap perpustakaan yang ada di wilayahnya. Sesuai dengan Perda Kota Batam nomor 10 tahun 2021 tentang penyelenggaraan perpustakaan, perpustakaan pembina adalah perpustakaan yang melaksanakan fungsi pembinaan teknis kepada seluruh jenis perpustakaan di daerah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Pada Jumat, 4 Nopember 2022 Kepala Dispusip Kota Batam, Drs. Samudin didampingi rombongan mengunjungi Perpustakaan TK Kristen Kalam Kudus 2 dan TK Nabilah dalam rangka tindak lanjut pembinaan dan kerjasama perpustakaan sekolah. Meiga, salah satu pendiri Sekolah Kristen Kalam Kudus 2 menyambut baik kedatangan tim Dispusip Kota Batam.

“Terima kasih Pak Kadis atas kedatangannya. Kami berharap mendapat banyak masukan dan bantuan dari Perpustakaan Batam terhadap perkembangan perpustakaan sekolah kami,” sambutnya.

“Baik bu, sudah menjadi tugas dan tanggungjawab kami untuk memberikan pembinaan kepada seluruh perpustakaan di Kota Batam. Terutama Perpustakaan PAUD yang saat ini sedang digencar oleh pemerintah,” tambah Samudin.

Setelah diskusi panjang dan melihat ruang Perpustakaan PAUD, SD, SMP dan SMA di Sekolah Kristen Kalam Kudus 2, Kepala Dispusip Kota Batam dan rombongan melanjutkan perjalan ke TK Nabilah. Setiba di lokasi, rombongan disambut hangat oleh Kepala Sekolah, Kepala Perpustakaan dan Direktur Pendidikan, Dr. Sarmini, S.PD., M.M.Pd.

“Kami sangat antusias terhadap kunjungan yang bapak dan rombongan lakukan ke sekolah kami,” ujar Sarmini.

“Saya juga terkesan dengan sumber daya manusia di sini bu. Pengelola perpustakaan dikelola langsung oleh pustakawan profesional (sarjana ilmu perpustakaan),” jawab Samudin.

Kemudian Drs. Samudin menambahkan bahwa Perpustakaan TK Nabilah dapat menjalin kerjasama dengan Dispusip Kota Batam untuk meningkatkan minat baca siswa. Selain itu dapat juga melakukan kerjasama dibidang pengelolaan sumber informasi perpustakaan.

Kunjungan rutin ini dilakukan sebagai upaya pembinaan dan menjalin kerjasama antar perpustakaan di Kota Batam. Dispusip Kota Batam sebagai pembina seluruh jenis perpustakaan di wilayahnya wajib melakukan monitoring dan melihat kondisi terkini perpustakaan. Selain itu jika setiap perpustakaan mampu mengelola sumber daya informasinya dengan baik, maka diharapkan Indeks Literasi Masyarakat Batam dapat meningkat setiap tahun.