Wisata Literasi SDN 004 Batu Ampar ke Perpustakaan Kota Batam

siswa SDN 004 Batu Ampar sedang bermain puzzle

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kota Batam pada hari Kamis, 17 November 2022 menerima kunjungan dari siswa kelas 3a SDN 004 Batu Ampar dalam rangka Wisata Literasi yang merupakan rangkaian kegiatan kunjungan rutin dari SDN 004 Batu Ampar ke Perpustakaan Kota Batam.

Kegiatan Wisata Literasi merupakan pelaksanaan program pembelajaran luar kelas dengan maksud dan tujuan  untuk mengenalkan perpustakaan kepada anak didik serta diharapkan akan menumbuhkan rasa cinta dan meningkatkan minat baca siswa SDN 004 Batu Ampar.

Kegiatan Wisata Literasi tak lepas dari program kurikulum merdeka yang mengacu pada pendekatan minat dan bakat agar para pelajar dapat memilih pelajaran apa saja yang ingin di pelajari sesuai keinginan dan selera  yang dimiliki serta mengembangkan keterampilan dan karakter sesuai dengan nilai-nilai bangsa Indonesia.

Kunjungan ini dilaksanakan pada pukul 13.00 sampai dengan 14.30 WIB setelah siswa selesai dalam kegiatan pembelajaran. Bahar sebagai wali kelas  sekaligus penanggungjawab para siswa menyatakan, “kegiatan kunjungan perpustakaan merupakan kegiatan pembelajaran diluar kelas yang merupakan implementasi dari kurikulum merdeka belajar. Para siswa dibebaskan untuk mencari atau mengeksplorasi kegiatan di luar kelas salah satunya di Perpustakaan.”

“karena perpustakaan  merupakan gudang ilmu sebagai penunjang pembelajaran. dengan mengenalkan perpustakaan sejak dini, diharapkan meningkatkan gemar membaca kepada siswa sebagai penunjang pembelajaran.” lanjutnya. Kegiatan Wisata Literasi merupakan kegiatan pengenalan perpustakaan, bukan hanya sebagai tempat membaca buku saja, namun perpustakaan sudah bertransformasi menjadi tempat bermain dan sumber informasi keilmuan sehingga menjadi tempat yang nyaman bagi semua kalangan masyarakat. (1/RUS)