Penyerahan Berita Acara Silang Layan di RA At-Taqwa Kelurahan Sambau, Kecamatan Nongsa – Batam

Salah satu bentuk layanan yang dapat diberikan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Batam adalah Kerjasama Silang Layan. Silang Layan atau dalam istilah asing sering disebut Interlibrary Loan merupakan bentuk kerjasama perpustakaan dengan perpustakaan lain. Secara garis besar, kerjasama ini melibatkan koleksi atau bahan pustaka yang dimiliki suatu perpustakaan untuk dipinjamkan pada perpustakaan lain dalam kurun waktu tertentu. Tentunya kerjasama ini dapat memberikan manfaat khususnya untuk perpustakaan yang memiliki koleksi terbatas, karena kerjasama ini memfasilitasi peminjaman koleksi sesuai dengan kebutuhan perpustakaan yang bersangkutan. Selain itu juga kerjasama silang layan dapat menjalin hubungan baik antar perpustakaan guna memaksimalkan pelayanan kepada pengguna.

Serah Terima Berita Acara Silang Layan

Pada Selasa, 21 Maret 2023 Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Batam selaku perpustakaan umum daerah yang diwakilkan oleh beberapa pustakawan dan pengelola perpustakaan melakukan penyerahan Berita Acara Kerjasama Silang Layan di RA At-Taqwa yang berlokasi di Kelurahan Sambau, Kecamatan Nongsa, Kota Batam.  Penyerahan Berita Acara tersebut dibarengi dengan penandatangan MoU yang menjadi syarat kerjasama antar kedua belah pihak. Adapun koleksi atau bahan Pustaka yang dipinjamkan pada perpustakaan RA At-Taqwa yakni bahan bacaan khusus anak sebanyak 35 eksemplar.

Penyerahan Berita Acara Kerjasama Silang Layan tersebut diterima secara langsung oleh pengelola perpustakaan yang sekaligus menjabat sebagai guru di sekolah tersebut, beliau sebelumnya pernah berkunjung ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Batam sebagai pemustaka sebelum menjalin kerjasama. Beliau menuturkan bahwa kerjasama ini sangat membantu terutama dalam hal pemenuhan bahan bacaan yang menarik juga sesuai dengan kebutuhan peserta didiknya, dan dengan adanya silang layan ini semoga dapat terus berlanjut sehingga semangat baca peserta didik di RA At-Taqwa dapat lebih ditingkatkan. [US]