Sosialisasi Budaya Gemar Membaca dalam Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat di Kelurahan Sembulang

Bertepatan pada ulang tahun Perpustakaan Nasional RI yang ke 43 tahun tanggal 17 Mei 2023 lalu, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Batam menyelenggarakan acara Sosialisasi Budaya Gemar Membaca dalam Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat di Kelurahan Sembulang, Kecamatan Galang, Batam yang merupakan tindak lanjut dari program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS) yang dicanangkan oleh Perpustakaan Nasional RI.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Batam, Drs. Samudin membuka secara langsung acara tersebut serta memberikan sambutan. Pada sambutannya, beliau menuturkan bahwa Kelurahan Sembulang merupakan salah satu kelurahan yang memiliki potensi daerah yang cukup baik dan oleh karena itu harus mendapat perhatian terutama masyarakatnya.

Kata Sambutan oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Batam, Drs. Samudin

Antusiasme masyarakat Kelurahan Sembulang juga sangat baik. Terdapat sekitar 150  orang yang hadir pada acara tersebut yang terdiri dari tokoh-tokoh penting, Tim Penggerak PKK, serta para pelajar termasuk Bapak Danang Prilasandi selaku Lurah Sembulang. Dalam sambutannya, beliau memberikan respon baik  dan mengajak seluruh masyarakat Sembulang untuk mulai membiasakan diri dengan aktivitas positif termasuk kegiatan membaca.

Pemaparan Materi Sosialisasi oleh Drs. Tajuddin selaku Narasumber

Inti dari Sosialisasi Gemar Membaca dalam Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat di Kelurahan Sembulang ini disampaikan oleh Pegiat Literasi yakni Drs. Tajuddin selaku narasumber pada acara tersebut. Drs. Tajuddin dalam paparannya menjelaskan bahwa tujuan sosialisasi ini adalah untuk memupuk kesadaran kepada anak-anak dan orang tua serta masyarakat Kelurahan Sembulang akan pentingnya membaca dan literasi. Mengingat pada saat ini literasi menjadi suatu keharusan bagi semua orang guna mendukung kemajuan bangsa dan negara.

Acara ditutup dengan Penandatanganan Komitmen Gemar Membaca oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Batam, Lurah Sembulang, Tim Penggerak PKK, Kepala Sekolah, pegiat literasi, tokoh penting lainnya, pelajar serta masyarakat umum sebagai bentuk komitmen, dukungan serta perhatian penuh terhadap gemar baca masyarakat di Kelurahan Sembulang, Galang.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Batam dengan Tokoh Masyarakat Kelurahan Sembulang saat Penandatanganan Komitmen Budaya Gemar Membaca
Penandatanganan Komitmen Budaya Gemar Membaca
Sesi Foto Bersama Acara Sosialisasi Budaya Gemar Membaca dalam Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat
di Kelurahan Sembulang