Monitoring Koleksi Silang Layan di UPTD P2PMKS Nilam Suri Nongsa, Batam

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Batam banyak menjalin kerjasama dengan berbagai pihak dalam hal Silang Layan termasuk juga dengan UPTD P2PMKS Nilam Suri yang berlokasi di Jl. Hang Lekiu Nomor 1, Kelurahan Sambau, Kecamatan Nongsa, Batam. Kerjasama Silang Layan ini sudah lama berlangsung dan diperbarui kembali di tahun 2022 lalu.

Monitoring Koleksi di Perpustakaan UPTD P2PMKS Nilam Suri Nongsa, Batam

Pada Senin 26 Juni 2023 lalu, beberapa petugas dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Batam melakukan kegiatan monitoring sebagai tindak lanjut kerjasama. Terdapat sekitar 200 eksemplar buku dari berbagai disiplin ilmu yang akan diperiksa untuk mengetahui kondisinya selama dipinjamkan di Perpustakaan UPTD P2PMKS Nilam Suri.

Kegiatan monitoring ini bertujuan untuk mengetahui ketersediaan buku-buku yang ada disana dan memastikan kembali bahwa buku tersebut layak baca dan tidak berbahaya bagi kesehatan pembaca yang sebagian besar merupakan petugas dan warga binaan di lembaga tersebut. 

Selain memastikan buku layak untuk dibaca, kegiatan menyortir buku yang rusak juga dilakukan. Buku yang terlalu lama berada di rak atau lemari juga berpotensi rusak sehingga harus dipastikan kondisi fisiknya. Kerusakan buku juga disebabkan berbagai faktor-faktor biologi seperti jamur, serangga bahkan binatang pengerat seperti tikus. Faktor lainnya juga dapat disebabkan oleh faktor fisika yakni debu, suhu ruang dan kelembaban yang tinggi, serta paparan sinar matahari langsung yang secara perlahan-lahan dapat merusak kondisi fisik buku. 

Buku yang diperiksa oleh petugas sebagian besar berada dalam kondisi baik dan layak baca. Namun juga terdapat beberapa buku yang mengalami kerusakan akibat serangga dan harus ditarik kembali untuk diproses lebih lanjut agar kerusakan tidak semakin parah.