Kunjungan Komisi X DPR RI dalam Peningkatan Literasi dan Tenaga Perpustakaan di Provinsi Kepulauan Riau

Komisi X DPR RI melakukan kunjungan kerja ke Kota Batam, Kepulauan Riau pada Jumat, 16 Juni 2023. Dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi X sekaligus Ketua Panitia Kerja Dr. H. Abdul Fikri Faqih beserta perwakilan dari Provinsi Kepulauan Riau diterima langsung oleh Wali Kota Batam H. Muhammad Rudi beserta jajaran di Aula Engku Hamidah Kantor Walikota Batam. Turut hadir pula pegiat literasi, tenaga pustakawan dari lingkungan sekolah SD hingga SMA, mahasiswa dan anggota Taman Bacaan yang ada di Kota Batam.

Provinsi Kepulauan Riau dengan kondisi geografis kepulauan menjadikan tantangan tersendiri dalam penyebaran literasi seperti pendistribusian koleksi bacaan, penggunaan internet dalam mengakses koleksi digital dan lainnya. Luasnya wilayah perairan dan banyaknya pulau-pulau di kabupaten/ kota menjadikan kebutuhan akan kapal perpustakaan keliling sebagai salah satu solusi penyebaran literasi di wilayah kepulauan.

Dalam acara dengar pendapat antara Komisi X DPR RI dengan undangan yang hadir, Perpustakaan Provinsi Kepulauan Riau menyampaikan jika Perpustakaan Digital Kacapuri yang dimiliki oleh Perpustakaan Daerah saat ini masih cukup rendah angka penggunaan. Hal ini tidak terlepas dari minimnya sarana dan prasarana khususnya jangkauan internet guna mengakses aplikasi ini. Disampaikan pula inovasi Perpustakaan Digital Kacapuri berhasil mendapatkan posisi ke-3 secara nasional dibawah DKI Jakarta dan DI Yogyakarta pada indeks Alinaca Nasional tahun 2019 yang diselenggarakan oleh Kemendikbutristek RI.

Disaat bersamaan, Walikota Batam H.Muhammad Rudi, menerima secara simbolis bantuan hibah mobil perpustakaan keliling melalui Perpustakaan Nasional RI dalam hal ini disampaikan oleh Ketua Panitia Kerja Peningkatan Literasi dan Tenaga Perpustakaan Komisi X DPR RI. Walikota Batam menyebutkan upaya pembangunan kota yang saat ini sedang dikembangkan oleh Pemerintah Koat Batam salah satunya pengembangan infrastruktur agar anak-anak Kota Batam dapat dengan mudah mendapatkan akses informasi dan literasi sehingga diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan sehingga mampu bersaing dengan Singapura dan Malaysia.

Rombongan berkesempatan menyambangi Pojok Baca Digital (POCADI) dan Perpustakaan khusus yang berada di Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah. Hadirnya perpustakaan di area publik diharapkan mampu meningkatkan minat baca masyarakat meskipun dengan keterbatasan waktu. Saat ini Perpustakaan Daerah Kota Batam telah memiliki beberapa koleksi konten local seperti karya Raja Ali Haji, Kebudayaan Melayu serta informasi tentang Kota Batam. Hal ini mendapat apresiasi dari rombongan ketika berkunjung ke Perpustakaan Daerah Kota Batam dan diharapakan untuk terus menambah koleksi tersebut agar masyarakat dapat mengetahui akar umbi tentang budaya Melayu dan pembangunan Kota Batam.

(wfh).