Pelayaran Kapal Angkatan Laut Pintar

Beberapa perwakilan siswa SMP di Batam ikut pelayaran Kapal Pintar

Lantamal IV Batam memperkenalkan Kapal Angkatan Laut (KAL) Pintar miliknya yang nantinya akan dapat dirasakan masyarakat di pulau-pulau yang ada di Batam. Perkenalan Kapal Pintar dilakukan pada Rabu, 7 Juni 2023 dengan berkeliling di pulau sekitar pangkalan Lantamal IV Batam, Kampung Tua Punggur. KAL Pintar ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca masyarakat Batam, terutama masyarakat yang ada di hinterland.
Sejatinya KAL Pintar ini sudah lama ada, namun selama ini belum bergerak dan belum dikenal oleh masyarakat luas. Hal ini senada dengan yang disampaikan oleh Kolonel Laut (KH) Muhammad Ikhsan, S.Kom yang menyatakan bahwa “KAL Pintar milik Lantamal IV Batam sudah ada sejak lama, oleh karena itu sekarang kita berdayakan kembali agar masyarakat mengetahui dan rajin baca”.

Kolonel Laut (KH) Muhammad Ikhsan, S.Kom sebagai Aspotmar Danlantamal IV Batam, menyatakan bahwa KAL Pintar ini dapat digunakan oleh siapa saja termasuk Perpustakaan Kota Batam. KAL Pintar berisi koleksi-koleksi buku cetak kurang lebih 300 judul buku dan koleksi audio visual serta ruang baca yang nyaman bagi pemustaka yang berkunjung.

Selain KAL Pintar, Lantamal IV Batam juga memiliki beberapa Rumah Pintar. Lokasi Rumah Pintar berada di Kampung Tua Panau Kelurahan Kabil dan Kampung Tua Bakau Serip Kelurahan Sambau, Kecamatan Nongsa. Kadispotmar Lantamal IV Batam, Letkol Laut (H) Bambang Sulistyono, SH., MH menyatakan bahwa “Rumah Pintar tersebut harus segera diaktifkan dan akan menjalin kerja sama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Batam”.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Batam, dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris Dinas, Kamariah Nor, S.Pd juga menyepakati akan menjalin kerja sama dalam hal silang layan dan pembinaan pengelolaan perpustakaan. “Kita akan melakukan kerja sama seperti silang layan di perpustakaan milik Lantamal IV Batam”, Kata Kamariah, Rabu (7/6/2023).

Siswa SMP Batam sedang membaca di Kapal Pintar

Minat baca masyarakat Indonesia beberapa tahun ini menjadi sorotan dan perhatian dari berbagai kalangan, baik pemerintah, swasta maupun masyarkat umum. Hasil survei Perpustakaan Nasional RI tahun 2021, Kota Batam mendapat nilai 67,35 untuk Tingkat Kegemaran Membaca (TGM). Nilai ini tertinggi di Provinsi Kepulauan Riau dan berada di posisi 10 untuk tingkat nasional.

Tentu saja Pemerintah Kota Batam dalam hal ini melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Batam tidak dapat berpuas diri dan harus meningkatkan kegemaran membaca masyarakat. Melalui KAL Pintar milik Lantamal IV Batam, semoga minat baca masyarakat, terutama di wilayah hinterland dapat meningkat dan menjadi membudaya.

(irs)